Page

25 April 2019

ULASAN FILM Avengers: End Game - Sebuah Akhir yang Hebat

Saya berani jamin 100 persen TIDAK ADA SPOILER. 

Theatrical Poster Movie. Source: wikipedia

Sutradara: Anthony Russo dan Joe Russo
Pemeran: Robert Downey Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Scarlet Johansson
Rumah Produksi: Marvel Studios
Tahun Produksi: 2019  
Durasi: 181 menit


Baru kali ini saya ada bioskop yang buka pagi-pagi gara-gara sebuah judul film. Bahkan, tiket untuk penayangan di minggu pertamanya banyak yang ludes. Luar biasa banget. Film Avengers: End Game (2019) memang dinanti-nantikan tidak hanya publik di Indonesia, tetapi di seluruh dunia. Saking ditunggu-tunggunya film ini, pihak Marvel melalui akun Instagram mereka harus menulis pesan peringatan: Jangan bocorkan cerita End Game. #DontSpoilTheEndgame.

Cerita End Game sendiri merupakan kelanjutan dari Avengers: Infinity War (2018). Superhero yang tersisa mencoba mencari cara untuk menyelamatkan kawan-kawan mereka, termasuk mengalahkan Thanos. Ya seperti itu saja sih inti ceritanya. Simpel. Tetapi penggambarannya sangat memikat.

Ingatan tentang Buku Harry Potter Ketujuh

Saya jadi teringat novel Harry Potter. J.K Rowling, sang penulis, sudah memastikan kisah Harry Potter akan tamat di seri yang ke-7. Maka, seri ke-7 menjadi seri yang ditunggu-tunggu para fans Harry Potter di seluruh dunia. Banyak spekulasi bermunculan pada saat itu apakah Harry Potter akan mengorbankan nyawanya?

Karena Harry Potter adalah sebuah buku, terjemahannya tentu saja butuh waktu sampai ke tangan pembaca luar negeri seperti saya ini. Kalau tidak salah, butuh waktu satu tahun novel terjemahan ketujuh ini terbit di Indonesia. Selama setahun saya harus menahan diri untuk tidak mencari  tahu bagaimana akhir dari bocah penyihir berkacamata ini. Meski pada akhirnya, saya "kebelet" juga. Saya kemudian membalik halaman terakhir novel Harry Potter yang berbahasa Inggris di sebuah toko buku. Untunglah pada saat itu media sosial belum segencar sekarang. Kalau buku Harry Potter hidup di zaman sekarang, saya jamin bakalan banyak yang kepo memposting bocoran cerita.

Dan ini terjadi di serial Avengers ini. Bagi yang belum menonton dan tidak suka spoiler, jangan coba-coba membaca kolom komentar di media sosial atau review berita. Sebaiknya jangan. Jika tidak suka spoiler, sebaiknya tonton sesegera mungkin.

Campur Aduk

Saya sendiri sudah menonton dan rasanya campur aduk setelah menonton film ini. Drama di awal dan tensi di akhir cerita sangat berimbang. Meski saya merasa greget dengan dua jam pertama film ini. Gregetnya karena miskin laga. Ya namanya film superhero, tentu saya berharap jedar-jeder sejak awal seperti di seri sebelumnya Avengers: Infinity War (2018). Bagaimana pun saya sadar karena film ini merupakan film pamungkas serial Avengers, dua jam pertama di film ini adalah penting untuk menyimak perjalanan (membangkitkan memori) para superhero Marvel. Yang benar-benar sudah mengikuti cerita buatan Marvel dari film Iron Man hingga sekarang akan dibuat nostalgia sejenak dengan beberapa adegan dan dialog cerita.

Di film ini alm. Stan Lee, si kreator, tetap muncul sebagai cameo. Sayang sekali mungkin beliau tidak sempat melihat hasil akhir dari film yang menakjubkan ini.

Sama lah dengan kisah Avengers, apakah ada tokoh utama yang mengorbankan nyawa? Isu kematian tokoh utama selalu menjadi isu menarik. Jika di Harry Potter, isu kematian Harry Potter gara-gara pernyataan J.K. Rowling yang ingin membunuh karakter utamanya. Kemungkinan pernyataan ini muncul mungkin (sekali lagi mungkin) J.K Rowling  tidak mau ada kisah lanjutan Harry Potter setelah seri yang ketujuh. Menutup sebuah serial yang panjang dengan kematian tentu adalah penutupan yang menarik.

Tapi, lain dengan serial film Avengers ini. Aktor atau aktris yang memerankan tokoh cerita terus menua, meski sudah ada teknologi yang canggih untuk membuat wajah aktor dan aktris terlihat muda. Jadi, pada akhirnya kita harus sadar para pemeran film ini harus menemui akhir dari kontrak mereka, hehehe. Toh, mereka juga pastinya ingin mencari karir di bidang film lain.

Sesuai namanya, End Game adalah akhir dari sebuah perjalanan film yang hebat. Saya tidak akan berharap lebih lagi, lebih dari ini tentang kelanjutan film Avengers sesudah ini: Apakah menjadi lebih baik atau lebih buruk? Apa pun nantinya ke depan, Avengers: End Game sudah menjadi salah satu torehan film yang hebat dan saya bersyukur merupakan salah satu orang pernah menyaksikan sejarah serial film ini.

Sudah itu saja yang bisa saya sampaikan. Daripada keterusan, nanti bocor juga. Kan sudah diwanti-wanti sama yang bikin film tidak boleh membocorkan cerita. Haha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar